Minggu, 22 Januari 2012

Jadi Pendengar Yang Baik




Belajar mendengarkan itu jauh lebih sulit dari belajar bicara . Bener kan ?! Kita sering banget bosan mendengarkan curhatan temen kita . Padahal giliran kita aja yang lagi ada masalah pasti pengennya cerita selengkap-lengkapnya . Belum tentu juga kan temen kita itu mau mendengarkan keluh kesah kita .

Yang dibutuhkan orang saat curhat itu adalah pendengar yang baik , bukan saran atau nasehat . Jadi kalau kita mau didengar ya harus mau jadi pendengar juga . Ada beberapa langkah yang harus di lakukan saat kita sedang dicurhati . Salah satunya adalah menjaga eye contact saat teman kita sedang bercerita . Karena itu menunjukan bahwa kita sungguh-sungguh mendengarkannya .

Trus posisikan diri pada kondisi teman yang lagi curhat , jadi kita bisa kasih saran yang pas bukan asal ngomong aja . Beri kesempatan teman kita untuk menyelesaikan ceritanya , jadi jangan memotong apalagi menimpalinya .


Hindari sikap kesal atau rasa ingin marah saat teman kita curhat sesuatu yang mungkin memang salahnya .Karena itu hanya akan menambah masalah baru dan bukan menyelesaikan masalah . Ingat , terkadang kata-kata penghibur itu jauh lebih dibutuhkan daripada saran atau nasehat lho .

Namanya orang curhat , pasti ada bagian-bagian yang diulang atau bahkan pertanyaan aneh yang kita pun gag tau bagaimana menjawabnya . Jangan keburu emosi menghadapinya , teman kita ini dalam tekanan dan perlu dibantu bukan malah menyudutkannya .

Ok guys , hari ini cukup deh kayaknya . Aku lagi nunggu temen juga ini :( , huft kemana dia , masak sampe selesai posting juga blum nongol-nongol tuh orang :(( .


5 comments:

outbound malang on 4 Maret 2012 21.00 mengatakan...

menarik sekali sob. . .
makasi atas infonya???
salam sukses slalu

Queen BeeLuphy on 8 Maret 2012 00.31 mengatakan...

yoyyoooy sama" :)

outbound malang on 8 Maret 2012 21.58 mengatakan...

kunjungan sob ..
salam sukses selalu ..:)

dhani ramdhani on 15 Mei 2013 21.30 mengatakan...

mantap dah.. keren banget nich

sukses ya

Monicka Febriani on 15 Mei 2013 21.31 mengatakan...

wahhh keren dachh tuchh

Posting Komentar

klo udah baca , tinggalin jejak disini

awas kalo gag :D

 

Catatan Annie Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Gossip Celebrity Flower Image by Dapino